Jumat, 27 Januari 2023

Tips Membeli Rumah Pertama

 

Tips Membeli Rumah Pertama

Membeli rumah memang sulit. Apalagi jika Anda baru pertama kali membeli rumah. Belum lagi metode pembayaran yang Anda pilih, yang sangat mempengaruhi proses yang Anda lalui.

Apakah Anda keluarga baru atau berencana untuk membeli rumah pertama Anda? Jangan remehkan beberapa hal berikut agar tidak menyesal di kemudian hari. Proses transaksi Anda juga dapat berjalan lancar.

Berikut beberapa tips praktis bagi Anda yang inginmembeli rumah pertama:

1.   Waktu

Harga properti naik dan turun dan dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk penawaran, permintaan, dan kondisi ekonomi secara umum. Waktu yang tepat untuk membeli rumah adalah saat harga rumah turun. Jika Anda menemukan bahwa harga rumah sekarang tinggi tetapi diperkirakan akan turun dalam satu atau dua tahun karena pedoman pemerintah yang baru, Anda harus menunda pembelian dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menabung. dapat membayar lebih untuk uang muka rumah di masa depan.

2.   Tanya tetangga Anda

Tidak ada yang tahu tempat lebih baik daripada orang-orang yang telah tinggal di sana sepanjang hidup mereka. Jika Anda bertanya kepada pemilik rumah lain di lokasi yang Anda inginkan, Anda bisa mendapatkan gambaran seperti apa area tersebut. Apakah daerah bebas banjir? Pada saat yang sama situasi keamanan lingkungan. Kegiatan ini juga akan membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan tetangga baru Anda jika nanti Anda memutuskan untuk membeli rumah.

3.   Rencana jangka panjang property

Biasanya rumah yang Anda beli adalah untuk tempat tinggal tetap, namun apakah Anda sudah memikirkan rencana jangka panjang Anda? Jika Anda berencana untuk menjualnya di masa mendatang, lokasi properti akan berdampak signifikan pada penilaian. Pikirkan serius saat memilih lokasi.

4.   Ukuran diperhitungkan

Jika impian Anda adalah rumah yang luas, ingatlah bahwa ukuran yang lebih besar berarti harga yang lebih tinggi. Ketika Anda harus memilih di antara dua properti dengan harga yang sama, yang satu lebih besar dari yang lain, Anda mungkin tergoda untuk memilih properti yang lebih besar dan dalam banyak kasus ini adalah langkah yang cerdas. Namun, properti yang lebih besar memiliki biaya pemeliharaan yang lebih besar dan Anda juga harus membayar biaya pemeliharaan bulanan yang lebih tinggi.

5.   Permintaan Sewa Property

Jika Anda berencana membeli dan menyewakan rumah, pelajari permintaan penyewaan rumah. Sekalipun permintaan sewa tinggi, jangan berharap seseorang akan menyewakan properti Anda dengan cepat.

6.   Program kepemilikan rumah dari pemerintah

Pemerintah memiliki beberapa program yang ditujukan untuk membantu masyarakat mendapatkan rumah sendiri. Lakukan riset dan lihat mana yang cocok dengan kualifikasi Anda.

7.   Bandingkan Pinjaman Rumah

Banyak pembeli berencana mengambil pinjaman rumah di bank yang sudah mereka kenal sejak lama. Tetapi dengan begitu banyak bank yang menawarkan pinjaman rumah, Anda dapat menghemat banyak uang untuk pembayaran bunga jika Anda meluangkan waktu untuk membandingkan berbagai tawaran pinjaman rumah.

8.   Inflasi

Lacak tren inflasi untuk menentukan apakah pinjaman rumah jangka panjang (seperti pinjaman rumah 30 tahun) lebih menguntungkan daripada pinjaman rumah jangka pendek. Hal ini dapat memungkinkan Anda untuk membayar bunga lebih efisien. Ketika inflasi tinggi, jumlah pinjaman yang Anda bayarkan di tahun-tahun berikutnya mungkin lebih rendah dari perkiraan penilaian saat ini.

9.   Bangun dana darurat

Memiliki dana darurat penting saat membeli rumah. Anda memerlukan cara untuk menutupi pembayaran pinjaman rumah bulanan Anda jika Anda tiba-tiba kehilangan sumber penghasilan utama Anda. Dana darurat Anda harus cukup untuk menutupi pembayaran pinjaman rumah selama beberapa bulan, termasuk dana rumah tangga, sampai Anda menemukan pekerjaan baru.

10.   Anggaran untuk dana tambahan saat membeli rumah

Anda mungkin terlalu fokus pada harga property dan melupakan keuangan terkait lainnya. Biaya legal dan pajak harus dibayar. Anda juga harus membayar komisi kepada agen yang membantu Anda membeli rumah tersebut.

Seperti halnya keputusan besar lainnya, jangan biarkan emosi menguasai Anda saat Anda baru pertama kali membeli rumah. Pikirkan baik-baik, teliti, dan pertimbangkan semua pilihan Anda, terutama dalam hal penawaran pinjaman rumah. Pikiran yang jernih dan kesabaran akan memungkinkan Anda membuat keputusan yang tepat saat memilih rumah dan manfaat jangka panjangnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membeli Rumah Pertama

  Tips Membeli Rumah Pertama Membeli rumah memang sulit. Apalagi jika Anda baru pertama kali membeli rumah. Belum lagi metode pembayaran...